Menghadapi PSU Legislatif, KPU HalmaheraSelatan Lakukan Bimtek PPK

Print Friendly Version of this pagePrint |Get a PDF version of this webpagePDF

Ternate, www.kpu-malutprov.go.id - Menindaklanjuti amar putusan Mahkamah Konstitusi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Halmahera Selatan menyelenggarakan bimbingan teknis untuk Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) 15 kecamatan dalam wilayah Pemungutan Suara Ulang (PSU). Pelaksanaan bimbingan teknis diadakan di Hotel Buana Lipu selama dua hari. Pada pembukaan bimbingan teknis dihadiri Kapolres Kabupaten Halmahera Selatan, Asisten I Setda Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan, pimpinan Badan Pengawas Pemilu Provinsi Maluku Utara, dan semua komisioner KPU Provinsi Maluku Utara (23/8).

Bimbingan teknis ini dimaksudkan untuk memperkuat pengetahuan peraturan perundangan terkait teknis pemungutan dan penghitungan di tingkat penyelenggara secara berjenjang agar menghasilkan PSU yang berkualitas.

Syukur M. Saleh, S.H., M.H., Ketua KPU Kabupaten Halmahera Selatan dalam sambutannya, mengimbau kepada seluruh PPK agar selalu hati-hati dalam menjalankan tugas. “Kenapa ada PSU bisa terjadi, itu semua karena kesalahan penyelenggara tingkat bawah pada pemilu legislatif sebelumnya. Jadi jangan coba-coba melakukan kesalahan yang sama, karena risikonya akan berurusan dengan hukum”, tegasnya.

Hal yang sama juga menjadi perhatian KPU Provinsi Maluku Utara. Sejak keluarnya amar putusan Mahkamah Konstitusi, KPU Provinsi Maluku Utara secara intens mengawal proses PSU kali ini agar terhindar dari kekeliruan dalam administrasi hasil pemilu. Syahrani Somadayo, S.T., M.T., Ketua KPU Provinsi Maluku Utara saat membuka bimbingan teknis menegaskan, penyelenggara tingkat bawah harus benar-benar teliti dan cermat dalam menjalankan tugasnya. “PSU di 15 kecamatan ini diawasi elemen terkait, baik provinsi maupun tingkat pusat”, ujarnya.

Selain KPU, pihak Bawaslu sebagai penyelenggara pemilu, juga mengerahkan personilnya agar proses pengawasan benar-benar melekat. Muksin Amrin, S.H., Komisioner Bawaslu Maluku Utara mengatakan, sudah menyiapkan seluruh personil dan akan menerapkan pengawasan superketat seperti PSU di Taliabu beberapa waktu lalu.

AKBP Widianto Wahyu Nugroho, Kapolres Halmahera Selatan saat memberikan arahan di hadapan peserta bimtek mengatakan, akan mengerahkan seluruh kekuatan untuk mengamankan PSU ini. “Pemilu ulang Ini menjadi taruhan untuk jabatan saya. Maka dari itu, saya berharap penyelenggara bisa melaksanakan pekerjaan ini dengan baik. Kami juga sudah menyiapkan sel khusus bagi pelanggar, khususnya untuk anggota kami”, tegasnya.

KPU Provinsi Maluku Utara berharap semua tahapan dalam PSU legislatif DPR RI ini berjalan sesuai dengan harapan masyarakat Maluku Utara.

 

KOMISIONER DAN SEKRETARIS KPU PROVINSI MALUKU UTARA

kpu
bawaslu
MK
e-ppid