Menyiapkan Pemilih Pemula Sejak Mula

Print Friendly Version of this pagePrint |Get a PDF version of this webpagePDF

Ternate, 5 Mei 2017

articlas

TERNATE, KPU MALUT--- Untuk meningkatkan partisipasi pemilih dari segmen pemilih pemula, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku Utara (Malut) melakukan kerja sama dengan sekolah-sekolah yang ada di Kota Ternate dan sekitarnya. KPU Provinsi Malut memberi labelkegiatan tersebut dengan menyebutnya sebagai kelas pendidikan pemilih pemula.

Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk mengoptimalkan keberadaan Rumah Pintar Pemilu (RPP) KPU Provinsi Malut. RPP KPU Malut berada di Jalan Anggrek Nomor 9, Dacomib, Kelurahan Kota Baru, Kota Ternate, yang juga merupakan Sekretariat KPU Malut.

Tidak kurang 30 siswa/siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 8 Kota Ternate mengikuti kelas pendidikan pemilih pemula. Pada sesi pertama, komisioner KPU Malut masing-masing Kasman Tan, Buchari Mahmud, Safri Awal dan Pudja Sutamat memberikan pengetahuan tentang pemilu. Di antaranya, sistem pemilu, sistem pemerintahan, penyelenggara pemilu dan pemungutan penghitungan suara pada tingkat tempat pemungutan suara (TPS).

KPU Malut melakukan kerjasama dengan SMA/SMK untuk memberikan kesempatan untuk melakukan kunjungan ke RPP dengan menyelipkan mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) oleh sekolah yang disertai simulasi pencoblosan dalam Pemilu pada akhir kunjungan.

Apalagi dalam pemilihan gubernur serentak pada tahun 2018, Maluku Utara ditargetkan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat pemilih. Dirancang, paling tidak partisipasi masyarakat dalam pemilihan gubernur mendatang bisa melampaui target nasional di atas 77 persen.

Semoga dengan kegiataan ini dapat menggenjot partisipasi masyarakat dalam Pemilu khususnya untuk pemilih pemula untuk menghasilkan pemilu dan pemimpin yang berkualitas.(ZD/tim-hupmas/kpu malut)

 

 

 

 

Read 59 times

KOMISIONER DAN SEKRETARIS KPU PROVINSI MALUKU UTARA

kpu
bawaslu
MK
e-ppid