Dorong Partispasi Masyarakat,KPU Bentuk Rumah Pintar Pemilu

Print Friendly Version of this pagePrint |Get a PDF version of this webpagePDF

Ternate, 22 Mei 2017

 articlesTERNATE, KPU MALUT--- Tepat pukul 10.00 WIT alunan irama akustik band pemilih pemula turut mengantarkan peresmian Rumah Pintar Pemilu (RPP) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Ternate di kawasan Puncak Kalumata, Kota Ternate, Jumat (19/5).

Syahrani Somadayo, Ketua KPU Provinsi Maluku Utara diberikan kesempatan meresmikan Rumah Pintar Pemilu (RPP) Kota Ternate. Seremonia peresmian dipusatkan di halaman kantor KPU Kota Ternate itu juga dihadiri Wali Kota Ternate Burhan Abdurrahman. Tampak juga sejumlah anggota Forkompimda Kota Ternate, serta jajaran KPU yang ada di Maluku Utara.

   Syahrani Somadayo mengatakan, perjalanan pemilu ke pemilu dari masa Orde baru sampai ke reformasi, tingkat partisipasi pemilih kecenderungan menurun. Dua gelombang Pilkada Serentak 2015 dan 2017 untuk Provinsi Maluku Utara, Halamahera Tengah menduduki partisipasi paling tinggi, disusul Kota Tidore Kepulauan dan Pulau Morotai.

“Semoga dengan adanya Rumah Pintar Pemilu bisa meningkatkan partisipasi pemilih. Untuk langkah ke depan, bisa melakukan kerjasama dengan Diknas untuk mengoptimalkan keberadaan RPP. Buat kelas pemilu dan demokrasi,” ujar Syahrani.

   Senada dengan Syahrani Somadayo, Wali Kota Ternate Burhan Abdurrahman dalam kesempatan sambutan singkatnya memberikan harapan besar dengan adanya Rumah Pintar Pemilu (RPP) bisa memberikan spirit dalam rangka menyukseskan setiap kegiatan Pemilu. “Sebagai pembina politik, kita wajib melakukan langkah-langkah untuk meningkatkan keterlibatan masyarakat untuk berperan aktif,” kata Burhan.

Program nasional pendirian RPP ini akan dituntaskan sebelum pemilu 2019. Di Maluku Utara pada tahun 2017, RPP didirikan di Kota Tidore Kepulauan, Halmahera Barat, Halmahera Timur, Halmahera Selatan dan Kota Ternate. (ZD/tim-hupmas/kpu-malut)

  

 

 

Read 37 times

KOMISIONER DAN SEKRETARIS KPU PROVINSI MALUKU UTARA

kpu
bawaslu
MK
e-ppid